Dukung Program MBKM, Prodi Ekonomi Pembangunan FEB UNM jalin kerjasama Prodi Administrasi Bisnis Fisip Universitas Jember

MAKASSAR. Bertempat di ruang Senat FEB UNM, jumat (2/7/2021), dilaksanakan penandatangan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara program studi Ekonomi Pembangunan (FEB) UNM dengan program studi Administrasi Bisnis FISIP UNEJ.

Perjanjian kerjasama  ini di tanda tangani langsung oleh Wakil Dekan I Fisip Universitas Jember, Prof. Dr. Zarah Puspitaningtyas, S.Sos, SE, M.Si, QIA. sedangkan Prodi Ekonomi Pembangunan FEB UNM di wakili oleh Ketua Program Studi Andi Samsir, S.Pd., M.Si. serta turut disaksikan oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNM Prof. Dr. H. Thamrin Tahir, M.Si beserta jajarannya.

Perjanjian Kerja Sama kali  ini ada beberapa ruang lingkup yang menjadi kesepakatan dan  kesepahaman oleh kedua prodi yaitu  terkait dengan:

  1. Pengembangan kurikulum kaitannya dengan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)
  2. Pengembangan dan pembelajaran jarak jauh
  3. Publikasi karya ilmiah yang bereputasi nasional dan internasional
  4. Penyelenggaraan deseminasi hasil penelitian pada tingkat nasional dan internasional
  5. Pengembangan kemahasiswaan
  6. Penelitian bersama antar dosen dalam ruang lingkup yang relevan
  7. Pengabdian kepada masyarakat
  8. Penulisan buku ajar

lebih lanjut dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNM Prof. Dr. H. Thamrin Tahir, M.Si , mengatakan, “kegiatan ini merupakan contoh best practice yang kita lakukan bersama, semoga PKS ini tidak hanya meningkatkan kualitas luaran, melalui pertukaran mahasiswa nantinya, tetapi juga meningkatkan kualitas tenaga dosen dari kedua fakultas melalui kegiatan-kegiatan kolaborasi.”
Kaprodi Ekonomi Pembangunan juga menambahkan, bahwa untuk mendukung program MBKM dibutuhkan akselerasi prodi, melalui kerjasama dengan berbagai pihak, salah satunya prodi yang berbeda di perguruan tinggi lain.

Selain itu, prodi dituntut untuk memperluas jejaring dan membangun kerjasama dengan pihak lain yang terkait, yaitu  pemerintah daerah, dan sebagainya.”

“Insya Allah prodi Ekonomi Pembangunan FEB UNM  siap mengimplementasikan MBKM dalam perkuliahan pada tahun ajaran 2021/2022 yang akan datang”, katanya.