Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan Adakan Program Kemitraan Masyarakat di Moncongloe

Maros, (Sabtu 5 September 2020. Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas  Negeri Makassar laksanakan program pengabdian masyarakat dalam bentuk program kemitraan masyarakat yang bertempat di BMT Insan Mandiri Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros. Pada program PKM ini mengangkat  Program  “Pelatihan Manajemen Keuangan pada BMT Insan Mandiri. tema ini diangkat untuk memberikan edukasi kepada masyarakat Bagaimana mengelola keuangan yang baik pada rumah tangga khususnya yang berada dalam lingkup Bmt Insan Mandiri.
Pelatihan ini dihadiri oleh 25 peserta yang terdiri dari stakeholder BMT Insan Mandiri antara lain Pengurus, Muzakki, anggota, dan Masyarakat di lingkungan BMT Insan Mandiri. Program ini merupakan program yang diprakarsai oleh Prof. Dr.Anwar Ramli.,S.E.,M.Si dosen manajemen FE UNM sekaligus sebagai Ketua, dan Anggota Muh Jamil, S.E., M.Si. Dosen ekonomi pembangunan.

Dalam materinya Muh. Jamil yang merupakan dosen ekonomi pembangunan menjelaskan asal mula munculnya studi ilmu ekonomi, yang dimulai dari pengelolaan rumah tangga hingga pengelolaan negara, dalam pengelolaan tersebut sangat dibutuhkan untuk semaksimal mungkin menggunakan sumber daya  di miliki sangat terbatas untuk membangun segala sesuatu yang bisa meningkatkan nilai ekonomi dan kesejateraan Masyarakat. Selain teori pemateri juga praktek langsung Bagaimana membuat perencanaan pengelolaan keuangan rumah tangga, mengevaluasi perencanaan dalam hal ini mengeluarkan hal hal yang tidak penting. agar bisa membuat pengeluaran seminimal mungkin tetapi mampu menghasilkan kepuasan maksimal.
“Materi ini sangat menarik, mudah-mudahan materi seperti ini bisa dilakukan berkali-kali agar kita bisa lebih memahami seluk beluk dalam manajemen keuangan” ungkap salah satu peserta yang merasa sangat senang mengikuti program pelatihan manajemen keuangan ini.
Setelah pemberian materi, Praktek pembuatan perencanaan keuangan,  evaluasi atas perencanaan keuangan dan diskusi menyampaikan hasilnya. Acara ini akhirnya ditutup pukul 11.00 sejak dimulainya pukul 8.30 wita.